Web developer menjadi salah satu profesi yang menjanjikan sekarang ini. Bukan tanpa alasan, perkembangan bisnis melalui pemasaran digital semakin marak dilakukan sehingga kebutuhan profesi di bidang IT semakin meningkat.

Apa itu Web developer atau programmer? Web developer atau programer adalah mereka yang memiliki kemampuan membuat, mengembangkan, dan mendesain website ataupun aplikasi memakai berbagai bahasa pemograman seperti HTML, CSS, JavaScript, PHP, dan lainnya.

Web developer biasanya berhubungan dengan kegiatan coding. Coding tak lain adalah kegiatan menulis, menguji, dan memelihara kode untuk dikembangkan menjadi sebuah program atau instruksi dalam komputer. Nah, profesi developer ini terbagi menjadi tiga yakni front-end developer, back-end developer, dan full-stack developer.

Ketiganya memang memiliki ruang lingkup yang sama, yaitu memakai bahasa programming untuk menjalankan program.  Tetapi ketiganya mempunya tugas dan tanggung jawab yang berbeda.

Front-end developer bertanggung jawab dalam membangun interface dari sisi pengguna.

Back-end developer mengurus keperluan di bagian server dan proses pengolahan data di database.

Full-stack developer bertanggung jawab untuk kedua sisi yaitu user interface dan sisi server database atau gabungan dari front-end dan back-end.

Selengkapnya, berikut perbedaan front-end developer, back-end, dan full-stack developer serta skill yang dibutuhkan.

front-end developer, back-end developer dan full-stack developer

Source: Unsplash.com

Perbedaan Front-End Developer

Front-end developer mengarah pada pembuatan dan pengembangan bagian situs web maupun aplikasi. Fokusnya pada mengembangkan user interface.

Front-end developer bertugas meningkatkan pengalaman pengguna saat menggunakan situs web atau aplikasi yang dibuatnya. Front-end developer juga bertanggung jawab menyusun desain dan tampilan aplikasi atau website. Biasanya bahasa pemograman yang digunakan adalah HTML, JavaScript, dan CSS.

Dalam pengembangan tata letak dan tampilan, penambahan berbagai elemen visual juga dilakukan untuk meningkatkan estetika.

Pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan front-end developer bertujuan mengoptimalkan pengalaman pengguna di situs web. Selain itu juga memastikan supaya pengguna tak kesulitan pada fungsi apa pun.

Skill yang harus dimiliki seorang front-end developer meliputi pengusaan 3 bahasa pemograman utama seperti HTML, JavaScript, dan CSS3. Front-end juga memerlukan keterampilan pendukung seperti JQuery, UI (User Interface), UX (User Experience), Content Management System, dan lain sebagainya.

Back-End Developer

Back-end developer bertanggung jawab mengelola bagian server pada aplikasi atau website, memastikan operasional internal situs web atau aplikasi berjalan dengan baik, mengatur dan memelihara database pengguna, memastikan seluruh fitur di situs web atau aplikasi berfungsi dan baik serta tak berjalan lambat, memelihara sistem pada situs dan aplikasi.

Back-end developer wajib memiliki keahlian dalam bahasa pemograman seperti PHP, Ruby, Pythonm dan Net, serta paham teknologi database seperti Oracle, Microsoft SQL Server, NodeJS, dan MySQL.

Full-Stack Developer

Full-stack developer adalah kombinasi antara front-end dan back-end developer. Adapun tugas dan tanggung jawab ganda seperti bertanggung jawab dalam aspek server, database, pengalaman pengguna, hosting dan lainnya.

Beberapa keterampilan yang wajib dikuasai seperti Java, Node.js, PHP, Phyton, Ruby, UI, UX, HTML, CSS, dan lainnya.

Soft Skill

Soft skill yang wajib dikuasai para pekerja web developer meliputi time management, kolaborasi kerja tim, kemampuan komunikasi yang baik, analisis kritis dan pemecahan masalah.

Gaji Front-End, Back-End, dan Full Stack Developer di Indonesia

Dilansir dari laporan “Tren dan Gaji Pekerja Digital Indonesia 2021” yang dikumpulkan perusahaan marketplace lowongan kerja Glints, rata-rata gaji profesi web developer di Indonesia sebagai berikut.

Front-end developer bergaji antara Rp 9 – 17 juta

Back-end developer bergaji antara Rp 10 – 17 juta

Full-stack developer bergaji antara Rp 11 – 25 juta

Tentu saja gaji tersebut bisa jadi berbeda  berdasarkan posisi, jabatan, dan perusahaan masing-masing.

Tertarik untuk bekerja sebagai web developer? Jika tertarik kalian bisa mengambil kuliah di jurusan Teknik Informatik atau Ilmu Komputer. Atau kalian juga bisa mengambil kelas di Harisenin.com kelas online terbaik 2022 yang menyediakan bootcamp khusus untuk full stack web developer.

Sudah siap memasuki Era Normal baru?

Sudah siap bangkit dan menaikkan omset bisnis Anda dengan memiliki Website dan Aplikasi? Hubungi kami, konsultasikan kebutuhan Anda.
Konsultasi Gratis!