+62-857-996-96-045 info@jogjait.com

Begitu besarnya manfaat jaringan komputer membuat sebagian orang tertarik untuk membuatnya. Bentuk jaringan komputer sederhana yang cocok digunakan di perkantoran kecil, rumah tangga, rumah kos atau asrama adalah jaringan komputer lokal atau biasa disebut dengan jaringan LAN.

LAN adalah kependekan dari Local Area Network yang diartikan secara sederhana sebagai jaringan yang memiliki jangkauan hingga beberapa kilometer dan terdapat di dalam sebuah ruangan atau gedung. LAN ini biasanya dipakai untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan juga workstation di perkantoran sehingga bisa saling bertukar data dan menggunakan sumber daya secara bersama-sama.

LAN juga paling banyak dimanfaatkan dalam berbagai usaha skala kecil dan menengah. Contohnya saja warung internet (Warnet), rental komputer dan game center.

  • Warung internet (Warnet)

Pada usaha warung internet, pemilik usaha memanfaatkan LAN untuk sharing internet dan juga sharing data.

  • Rental komputer

Pada usaha rental komputer ini, jaringan LAN dipakai untuk memudahkan sharing data, sharing printer, sharing drive dan sharing beberapa perangkat pendukung lainnya. Dengan menggunakan LAN ini, para pemilik usaha bisa menghemat pembelian printer dan media penyimpanan. Cukup menyediakan satu buah printer saja, maka seluruh komputer dalam usaha rental komputer bisa menggunakannya dengan mudah. Selain itu, penggunaan jaringan LAN juga memudahkan dalam pengambilan data. Data yang tersimpan di komputer mana pun bisa diambil dengan mudah dari komputer lainnya.

  • Game center

Usaha game center tak pernah sepi peminat, terutama di kalangan kaum remaja. Dalam usaha ini, jaringan LAN dimanfaatkan untuk mendukung permainan atau game yang saat ini sedang disukai para remaja seperti empire game.

Sedangkan dalam skala usaha besar, LAN banyak dipakai oleh perbankan, bisnis penerbangan, bisnis energi, perhotelan, travel agent dan masih banyak lagi lainnya.

lan switch

Gambar Skema Jaringan LAN Dengan Switch/ Hub
(Skema dibuat sendiri dengan image PC dari All-free-download.com)

lan no switch

Gambar Skema Jaringan LAN Sederhana Tanpa Switch/ Hub
(Skema dibuat sendiri dengan image dari All-free-download.com)

 

Sebagian besar LAN yang dipakai saat ini menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet dengan memakai switch yang memiliki kecepatan untuk melakukan transfer data sebesar 10 Mbit/s, 100 Mbit/s atau 1000 Mbit/s. Teknologi lainnya yang digunakan adalah teknologi Wi-fi atau teknologi 802.11b. Nah, LAN ini memiliki beberapa kelebihan dan juga mempunyai kekurangan. Untuk lebih memahami LAN, berikut ini kelebihan dan kekurangannya.

 

Kelebihan Jaringan LAN

  • Untuk membangun LAN biaya yang dikeluarkan lebih sedikit, sebab jaringan ini hanya membutuhkan kabel dalam jumlah yang tidak terlampau banyak.
  • Jaringan ini lebih efisien sebab biaya operasional bisa ditekan dan sumber daya bisa dipakai bersama-sama, misalnya saja sumber daya berupa printer atau scanner.
  • Berkaitan dengan pekerjaan, jaringan ini memudahkan dan mempercepat transfer data karena wilayah jangkauannya yang tidak luas.
  • Dalam hal keamanan, jaringan ini memiliki tingkat keamanan yang lebih baik sebab menggunakan IP (Internet Protocol) address jaringan lokal sampai pada batas switch. Kemudian barulah router akan menghubungkan IP publik.

 

Kekurangan Jaringan LAN

  • Berkaitan dengan infeksi virus dan gangguan sejenis lainnya , penyebaran virus antara komputer-komputer yang berada di dalam jaringan ini lebih mudah terjadi yakni ketika pengguna komputer dalam sebuah jaringan melakukan pertukaran data melalui sharing folder atau sharing drive.
  • Karena wilayah jangkauan yang terbatas, maka transfer data pun tidak luas.
  • Berkaitan dengan penggunaan software, software yang dipakai harus diatur agar bisa digunakan secara multi user.

Dalam hal koneksi dengan internet, saat speed internet melambat maka koneksi internet di masing-masing komputer pun akan semakin lambat. Sebab koneksi internet yang sudah lambat tersebut masih harus dibagi lagi dengan beberapa komputer yang terdapat di dalam jaringan. Saat koneksi internet cepat atau bagus hal ini tidaklah menjadi masalah. Sebab ketika koneksi internet yang cepat tersebut dibagi ke beberapa komputer, koneksinya masih tetap memadai untuk digunakan. Analoginya, seperti halnya pada keran air. Saat air mengalir deras, tentu tak menjadi masalah bila keran tersebut dibagi ke dalam beberapa pipa. Namun sebaliknya, bila air sedang mengalir kecil tentu setiap pipa akan mendapatkan jatah air yang sedikit pula.