+62-857-996-96-045 info@jogjait.com

Secara sederhana, jaringan komputer diartikan sebagai sebuah sistem yang dibuat untuk menghubungkan antara komputer yang satu dengan komputer yang lain. Dengan adanya ini, perpindahan data, komunikasi dan berbagai sumber daya menjadi lebih mudah digunakan.

Jaringan komputer umumnya dapat ditemukan di perkantoran. Tetapi tidak menutup kemungkinan sebuah jaringan yang sederhana dibuat di rumah, di asrama, di rumah kos misalnya saja untuk kepentingan usaha kecil yang dijalankan di rumah ataupun untuk keperluan sehari-hari.

jaringan komputer

Manfaat Jaringan Komputer

Menghemat perangkat bantu

Dalam sebuah jaringan, perangkat bantu seperti printer, scanner dan fasilitas internet bisa digunakan secara bersama-sama. Dengan demikian, pengguna komputer tak perlu menyediakan perangkat bantu untuk masing-masing komputer. Hal itu tentunya akan menghemat biaya penyediaan perangkat bantu. Selain itu, ruang kerja pun menjadi lebih lapang dengan perangkat bantu yang tak memenuhi tempat.

Memudahkan pertukaran data

Pertukaran data antar komputer biasanya memanfaatkan flash disk, keping CD atau DVD, dan juga harddrive eksternal. Namun dengan adanya jaringan, perangkat tersebut tidak diperlukan lagi. Para pengguna komputer dalam sebuah jaringan bisa dengan mudah berbagi data dengan memanfaatkan fasilitas sharing folder ataupun sharing drive.

Memudahkan komunikasi

Pada sebuah lingkungan kerja yang dipisahkan oleh ruang dan sekat, tentunya komunikasi memiliki sedikit kendala. Pengguna komputer harus bangkit dan berjalan menuju ke ruang pengguna komputer lainnya hanya untuk menyampaikan pesan. Kesulitan komunikasi ini tak lagi ditemui bila komputer-komputer terhubung dalam sebuah jaringan. Para pengguna komputer bisa berkomunikasi dengan mudah melalui fasilitas LAN messenger.

Memudahkan penyimpanan data

Masing-masing komputer tentunya memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Misalnya saja berkaitan dengan kapasitas penyimpanan data. Salah satu komputer bisa jadi memiliki kapasitas penyimpanan data yang lebih kecil daripada komputer lainnya. Dalam jaringan komputer keterbatasan ini bisa teratasi.

Pengguna komputer dengan kapasitas penyimpanan yang kecil bisa menyimpan data pada komputer lain yang memiliki kapasitas penyimpanan lebih besar dengan mudah karena saling terhubung. Ada beberapa jenis jaringan yang sering digunakan di sekitar kita.

Jenis Jaringan Komputer

LAN atau Local Area Network

LAN merupakan jenis jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil. Misalnya saja jaringan kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil lagi.

WAN atau Wide Area Network

WAN adalah jaringan komputer yang mencakup area yang besar. Contohnya jaringan antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

MAN atau Metropolitan Area Network

MAN ialah jaringan yang  meliputi area yang lebih besar dari LAN. Jaringan MAN disusun dari jaringan-jaringan yang lebih kecil yang saling terhubung sehingga membentuk jaringan yang lebih besar. Jaringan yang berukuran besar ini bisa meliputi seluruh kota atau sebuah desa.