+62-857-996-96-045 info@jogjait.com

Kali ini kita akan membahas cara mudah reset BIOS pada perangkat komputer atau laptop. Sebelumnya apa sih BIOS itu?

BIOS (Basic Input Output System) adalah instruksi perangkat elektronik yang digunakan komputer untuk memulai sistem beroperasi. BIOS berada di chip dalam komputer dan dibuat secara khusus untuk memulai operasi pada sebuah komputer.

Bios memiliki fungsi utama untuk memberikan instruksi POST (Power-On Self Test). Instruksi ini dilakukan untuk memastikan bahwa komputer telah memiliki semua bagian dan fungsi agar komputer bisa berjalan dengan baik. Misalnya saja memori, keyboard dan komponen-komponen lainnya. Bila seluruh bagian dan fungsi telah terdeteksi, komputer selanjutnya masuk ke sistem operasi di salah satu drive.

Para pengguna komputer dapat melakukan pengaturan BIOS melalui layar konfigurasi pada komputer. Pengaturan pada BIOS meliputi konfigurasi dasar dalam komputer seperti tanggal, waktu, konfigurasi penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja dan juga kestabilan komputer.

Nah, karena pengaturan BIOS memiliki peranan penting untuk beroperasinya sebuah komputer, maka para pengguna komputer seringkali menambahkan password pada BIOS sehingga konfigurasi komputer hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu saja yang memiliki password tersebut. Tetapi kadangkala, password pada BIOS cukup membahayakan diri Anda sendiri. Pasalnya bila Anda jarang mengubah konfigurasi BIOS, tentunya Anda bisa saja lupa pada password BIOS tersebut. Atau ketika Anda mendapati bahwa komputer second yang baru saja Anda beli ternyata dilengkapi dengan password BIOS yang tentunya menyulitkan saat hendak mengubah konfigurasi BIOS. Lalu tindakan apa yang harus dilakukan? Berikut 3 cara mudah reset BIOS.

1. Melepas Baterai CMOS

Salah satu cara sederhana untuk menghilangkan password pada BIOS adalah dengan mencabut baterai CMOS pada komputer Anda. Untuk itu Anda harus membuka casing komputer dan melepaskan baterai CMOS dari posisinya. Lantas pasangkan kembali baterai tersebut. Langkah ini sangat mudah namun cukup merepotkan karena Anda harus membuka casing terlebih dahulu.

2. Mereset password BIOS melalui Safe Mode MS-DOS

Selain menghapus password BIOS dengan melepas baterai CMOS, Anda pun bisa menggunakan cara lain untuk menghapus password BIOS yakni melalui Safe Mode MS-DOS. Cara ini bisa dijadikan pilihan bila Anda tidak ingin bersusah-susah membuka casing komputer. Berikut ini langkah-langkah selengkapnya.
1. Pertama-tama reboot komputer Anda dan masuklah ke mode MS-DOS.
2. Kemudian pilih opsi Safe Mode With Command Prompt.
3. Selanjutnya pada C:\> prompt, ketik “DEBUG” lantas tekanlah tombol Enter.
4. Sesudah itu Anda akan mendapati tanda minus (-) pada DEBUG prompt. Lanjutkan dengan mengetikkan perintah-perintah berikut ini:
• Ketik “o 70 2E” lalu tekanlah tombol Enter. Karakter “o” pertama merupakan huruf, sedangkan karakter “0” kedua  adalah angka.
• Ketik “o 71 FF” lantas tekan Enter. Karakter “o” pertama adalah huruf, sedangkan karakter “0” kedua merupakan angka.
5. Setelah itu ketikkan “q” lantas tekanlah tombol Enter.
6. Lanjutkan dengan memasukkan perintah “exit” dan tekanlah tombol Enter untuk keluar dari jendela prompt.
7. Sesudah memasukkan perintah-perintah di atas cobalah masuk ke BIOS, maka password BIOS pun telah terbuka dan konfigurasi BIOS kembali ke konfigurasi default.
Metode reset password melalui mode MS-DOS ini sebagian besar berhasil dilakukan pada versi BIOS Award.

3. Mereset Password BIOS Dengan Bantuan Software

Bila metode reset password BIOS melalui mode MS-DOS tidak berhasil dilakukan, misalnya saja karena versi BIOS yang tidak mendukung, cobalah untuk menggunakan software bantuan. Software bantuan yang bernama CMOS De-Animator sangat mudah didapatkan dan digunakan. Berikut ini langkah-langkah selengkapnya.
1. Masuklah terlebih dahulu ke alamat berikut ini:
URL http://majorgeeks.com/CMOS_De-Animator_d6555.html
2. Pada halaman situs yang muncul, pilihlah tombol Download Locations.

3. Lanjutkan dengan memilih tombol Click to Download pada halaman berikutnya yang muncul.

4. Pada kotak dialog selanjutnya, pilihlah tombol Save.

5. Kemudian pilihlah lokasi penyimpanan file aplikasi CMOS De-Animator hasil download pada kotak dialog Save As.

6. Jika sudah pilihlah tombol Save.
7. Bila proses download dan penyimpanan telah selesai dilakukan, selanjutnya bukalah folder penyimpanan file aplikasi CMOS De-Animator hasil download.
8. Kemudian klik-ganda pada file instalasi aplikasi CMOS De-Animator.

Pada jendela aplikasi CMOS De-Animator yang muncul, pilihlah salah satu opsi btye CMOS di bagian Bytes to operate with dan pilihlah opsi Clear CMOS di bagian Action to perform.

9. Jika sudah pilihlah tombol Proceed.
Dengan cara ini password BIOS Anda telah dibersihkan sehingga Anda bisa masuk konfigurasi BIOS langsung tanpa harus memasukkan password. Sebagai catatan, beberapa antivirus mendeteksi aplikasi CMOS De-Animator sebagai ancaman atau virus karena itu cermati antivirus Anda saat download atau instalasi sehingga aplikasi ini tidak dihapus.

Demikian 3 cara mudah reset BIOS pada perangkat komputer atau laptop, semoga artikel ini membantu Anda dalam mereset password BIOS.