+62-857-996-96-045 info@jogjait.com

Membangun portfolio bagi seorang penyiar radio yang telah memiliki jam terbang tinggi tidaklah terlampau sulit. Pada umumnya para penyiar radio yang telah populer ini cukup mengisi portfolio mereka dengan sederet panjang daftar pengalaman bekerja di beberapa radio, pengalaman menjadi MC di sejumlah tempat, pengalaman mengisi acara, pengalaman mengajar berkaitan dengan dunia penyiaran dan latar belakang pendidikan. Contoh-contoh portfolio para penyiar populer semacam ini bisa Anda temukan di situs www.penyiar.com.

Nah, lantas bagaimana dengan para penyiar radio muda yang baru saja meniti karir di dunia penyiaran atau bagi Anda yang bermimpi untuk menjadi penyiar?  Untuk kasus seperti ini Anda bisa membuat sebuah portfolio penyiar radio yang lebih kreatif.

Mungkin cukup sulit dibayangkan bagaimana cara membuat portfolio yang kreatif untuk seorang penyiar radio. Meskipun sulit dibayangkan, tetapi hal ini bukan tak mungkin untuk diwujudkan. Seorang penyiar radio juga wajib memiliki portfolio bila ingin mengembangkan karir dan meraih peluang yang lebih baik. Lowongan penyiar radio biasanya mengharuskan para pelamarnya untuk mengirimkan pula contoh suara. Syarat ini cukup wajar diminta, sebab seorang penyiar radio mengandalkan suara mereka dalam bekerja. Nah, agar peluang Anda semakin terbuka lebar, ada baiknya Anda tak hanya sekedar mengirimkan rekaman suara saja tetapi juga menyodorkan sebuah portfolio.

Portfolio seorang penyiar radio dapat dibuat dengan mengumpulkan rekaman siaran, rekaman sebuah program yang pernah ditangani atau iklan radio yang menampilkan suara Anda sebagai penyiar radio. Rekaman-rekaman ini bisa Anda simpan dalam format file mp3 atau format file suara sejenis lainnya yang mudah dibuka dengan aplikasi standar di komputer. Hasil seleksi rekaman terbaik yang Anda miliki lantas bisa dikemas dalam bentuk CD atau web portfolio.

Pada portfolio ini, Anda tak hanya dapat menampilkan suara Anda saat sedang mengudara tetapi juga menunjukkan kemampuan Anda mengolah materi, menampilkannya atau memproduksi sebuah acara. Portfolio semacam ini akan lebih menonjolkan karakter Anda sebagai penyiar radio daripada hanya sekedar contoh rekaman suara saja. Sebagai referensi, Anda bisa berkunjung ke situs dua penyiar radio yang beralamat di www.mhltd.net dan www.lukesmithaudio.com.