+62-857-996-96-045 info@jogjait.com

Surat pengantar lamaran kerja, resume dan Curriculum Vitae (CV) adalah berkas-berkas yang paling sering dibawa oleh para pencari kerja. Padahal masih ada satu berkas lagi yang tak boleh dilupakan, yakni portfolio. Portfolio merupakan salah satu senjata ampuh untuk memperoleh pekerjaan.

Portfolio dapat diartikan sebagai sekumpulan dokumen yang mendukung dan memperjelas deskripsi mengenai diri Anda seperti yang tercantum dalam CV atau resume, surat pengantar lamaran dan keterangan yang Anda sampaikan saat wawancara kerja. Kumpulan dokumen dalam portfolio bisa terdiri dari surat penghargaan, hasil evaluasi mengenai karya Anda, serta foto atau hasil karya Anda yang menunjukkan kemampuan dan kreativitas Anda.

  • Manfaat Portfolio

Portfolio awalnya banyak dipakai oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang seni atau bidang kreatif untuk memamerkan karya-karya seni terbaik yang mereka miliki. Misalnya saja pada bidang desain grafis, desain interior, desain web, arsitek, jurnalistik dan beberapa bidang sejenis lainnya.

Namun kini portfolio digunakan secara luas oleh banyak orang dari beragam bidang untuk menunjukkan karya, produk, kegiatan, prestasi yang dimiliki seseorang atau sebuah kelompok. Portfolio wajib dimiliki oleh para pencari kerja, para pelajar, para pekerja hingga para freelancer atau konsultan.

  • Pencari kerja fresh graduate

Portfolio penting dimiliki bagi Anda para mahasiswa dan pelajar yang sedang mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja. Portfolio menjadi alat yang jitu untuk menunjukkan ilmu-ilmu yang telah Anda serap di bangku pendidikan. Bagi para pelajar, portfolio bisa mulai disusun sejak masih berada di bangku pendidikan. Anda bisa mengumpulkan materi portfolio dari hasil karya proyek-proyek dan tugas kuliah atau dari kerja parttime yang Anda jalani.

  • Para pelajar yang hendak melanjutkan pendidikan

Beberapa perguruan tinggi atau lembaga pendidikan menggunakan metode wawancara untuk menjaring para pelajar potensial. Dalam situasi seperti ini, portfolio sangat membantu untuk menampilkan diri Anda dengan lebih jelas seperti yang tertulis di formulir pendaftaran. Portfolio ini dapat Anda bawa saat wawancara untuk menunjukkan bahwa Anda seorang yang memiliki motivasi tinggi dan terorganisir berkaitan dengan keinginan Anda melanjutkan pendidikan.

  • Para pencari kerja dengan tingkat persaingan yang sangat ketat

Dalam sebuah persaingan yang ketat untuk mendapatkan sebuah posisi pekerjaan, portfolio akan membantu Anda untuk tampil beda dengan para pelamar lainnya.  Portfolio yang Anda bawa akan menunjukkan bahwa Anda adalah seseorang yang terorganisir dan benar-benar berkompetisi secara maksimal untuk mendapatkan posisi yang Anda inginkan.

  • Para pengangguran

Bila Anda baru saja keluar dari suatu pekerjaan atau diberhentikan, maka menyusun sebuah portfolio dapat membangkitkan rasa percaya diri Anda kembali. Selain itu, portfolio akan membantu Anda untuk menggali kembali perkembangan kemampuan yang Anda miliki setelah melewati suatu periode kerja. Saat sebuah peluang kerja muncul, portfolio yang telah Anda siapkan akan membantu untuk mendapatkan peluang yang ada.

  • Para pekerja yang ingin dipromosikan

Portfolio tidak hanya dapat digunakan untuk memperoleh pekerjaan tetapi juga untuk meraih jenjang karir yang lebih baik di perusahaan tempat Anda bekerja. Portfolio memudahkan evaluasi mengenai diri Anda dan kontribusi yang selama ini telah Anda berikan kepada perusahaan.

  • Para freelancer atau konsultan

Portfolio menjadi media yang ampuh untuk mempromosikan jasa atau layanan yang bisa Anda berikan kepada calon konsumen. Portfolio menunjukkan secara nyata kemampuan Anda sehingga konsumen memiliki keyakinan untuk menggunakan jasa Anda.

Nah, apapun bidang dan latar belakang Anda, sebuah potfolio membantu untuk menjual diri Anda. Sebuah portfolio memiliki beragam manfaat. Portfolio mampu menarik perhatian dan mengarahkan pembaca portfolio menuju informasi penting yang ingin Anda sampaikan mengenai diri Anda. Portfolio mampu menunjukkan secara nyata mengenai keahlian Anda dan menarik orang untuk ingin tahu lebih banyak mengenai diri Anda. Portfolio dapat membuka banyak peluang bagi Anda. Melalui karya-karya yang Anda tampilkan, orang lain dapat melihat dengan lebih jelas kemampuan yang mereka cari dan menemukannya dalam diri Anda.