+62-857-996-96-045 info@jogjait.com

Bila Anda tertarik untuk membuat portfolio digital berupa web portfolio atau portfolio online, maka Anda akan dihadapkan pada tiga pilihan cara pembuatan web portfolio. Ketiga pilihan cara pembuatan ini yakni merancang sendiri web portfolio dari awal, membangun web portfolio menggunakan open source CMS (Content Management Systems), menggunakan situs-situs penyedia layanan pembuatan web portfolio atau dengan memanfaatkan website social network portfolio. Masing-masing cara pembuatan ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini kami akan membahas masing-masing pilihan tersebut agar Anda bisa menjatuhkan pilihan dengan tepat atau menggabungkan beberapa diantaranya.

  • Merancang web portfolio sendiri dari awal

Pilihan ini mengharuskan Anda mengerti bahasa pemrograman, bisa mengelola database dan mampu membuat desain yang menarik. Pilihan merancang web portfolio sendiri ini sangat cocok dipilih oleh para web designer. Sebab dengan merancang web portfolio sendiri, seorang web designer dapat menunjukkan kemampuan dan kreativitas mereka.

  • Membangun web portfolio menggunakan open source CMS (Content Management Systems)

Banyak pilihan open source CMS yang bisa Anda gunakan untuk membangun web portfolio, misalnya saja WordPress, Joomla dan Drupal. Anda tidak harus memahami bahasa pemograman tetapi dibutuhkan ketelatenan dan keinginan untuk belajar bila Anda ingin membangun web portfolio dengan CMS. Untuk modifikasi, Anda bisa memilih beragam template yang tersedia serta berbagai pilihan plugin atau widget. Selain itu juga dibutuhkan modal untuk membeli web hosting agar web portfolio Anda bisa diakses secara online melalui internet.

  • Menggunakan situs-situs web portfolio builder

Seperti halnya Blogspot dan WordPress yang disediakan untuk membangun blog secara gratis, tersedia pula situs-situs yang secara khusus memberikan layanan untuk membuat web portfolio secara gratis atau disebut juga dengan istilah web portfolio builder. Beberapa web portfolio builder antara lain www.portfoliopen.com, www.wix.com, dan Re.vu.

  • Memanfaatkan website social network portfolio

Website social network portfolio atau bisa juga disebut portfolio community sites adalah website jejaring sosial yang berisi beragam portfolio dari berbagai profesi. Jejaring sosial portfolio ini memiliki sejumlah keuntungan antara lain menghubungkan sesama pengguna layanan, menjadi tempat bagi para klien untuk menemukan jasa atau layanan yang ingin mereka gunakan, sebagian besar website jejaring sosial menyediakan layanannya secara gratis, mudah digunakan dan portfolio Anda secara otomatis akan dipromosikan sehingga mengurangi tugas Anda untuk mempromosikan portfolio. Beberapa website jejaring social portfolio antara lain www.styleapple.com, www.coroflot.com dan www.behance.net.

Dari keempat pilihan ini, Anda bisa menggabungkan beberapa diantaranya. Artinya, Anda bisa saja membuat beberapa portfolio dengan menggunakan dua atau tiga pilihan layanan di atas. Misalnya saja, Anda membuat portfolio di situs jejaring sosial portfolio dan juga melalui situs web portfolio builder.

Tidak ada batasan berapa jumlah portfolio yang harus Anda miliki. Memiliki lebih dari satu portfolio menjadi pilihan yang tepat bila Anda memiliki beberapa tujuan dan tidak bisa membidik tujuan tersebut hanya dengan satu portfolio saja. Contohnya saja, portfolio sebagai freelancer untuk menggaet konsumen dan portfolio untuk meraih jenjang karir yang lebih tinggi. Nah, beberapa portfolio yang Anda hasilkan nantinya akan membantu Anda mempromosikan diri dan memperluas jaringan yang Anda miliki.