+62-857-996-96-045 info@jogjait.com

Portfolio dalam format digital bisa dikemas dalam bentuk CD, DVD, file atau pun dalam tampilan website. Ada beberapa perusahaan yang secara spesifik meminta calon pekerjanya untuk mengirimkan portfolio dalam format CD/DVD. Format DVD biasanya digunakan untuk mengemas karya-karya animasi berdurasi panjang atau proyek-proyek lainnya yang memiliki ukuran file besar.

Ada pula perusahaan yang meminta portfolio dikirimkan via email yakni dalam bentuk file saja. Nah untuk portfolio dalam format file, perhatikan dengan cermat ukuran file portfolio tersebut. Jangan sampai Anda sendiri mengalami kesulitan dalam pengirimannya akibat ukuran file yang terlampau besar.

Baik dalam format file atau CD, ada beragam tampilan yang bisa Anda pilih. Anda bisa membuat portfolio dalam format file PDF sehingga penerima cukup membuka satu file saja untuk melihat karya-karya Anda atau agar lebih menarik Anda juga bisa mengemasnya dalam tampilan slideshow.

Sedangkan pilihan lain untuk menampilkan portfolio format digital adalah dengan menampilkannya melalui website atau blog. Bila Anda memiliki keahlian dalam mendesain website, maka Anda bisa menggunakan kreatifitas Anda untuk membangun website yang unik. Website rancangan sendiri ini sekaligus sebagai media untuk menunjukkan keahlian Anda dalam mendesain website. Terutama bagi Anda yang berkecimpung dalam bidang desain website, desain website portfolio ini sekaligus sebagai bagian dari portfolio Anda.

Sedangkan bagi Anda yang tidak memiliki keahlian dalam mendesain website atau blog, Anda dapat memanfaatkan sejumlah situs yang menyediakan layanan pembuatan portfolio dalam bentuk web. Tampilan yang dihasilkan pun tak kalah menarik dengan website hasil rancangan para web desainer. Portfolio dalam format website memiliki beberapa keuntungan antara lain:

  • Web portofolio bisa diakses oleh siapapun dari seluruh penjuru dunia. Hal ini tentunya membuka peluang bagi Anda untuk dikenal yang berarti membuka pula peluang bagi Anda untuk dipekerjakan atau menarik minat calon konsumen.
  • Anda bisa dengan mudah mencantumkan link web portfolio di email atau di dalam CV sehingga dapat diakses oleh perusahaan atau calon konsumen.
  • Anda bisa menambah koleksi karya-karya yang ditampilkan di web portfolio kapan saja dengan cara yang mudah.
  • Web portfolio yang Anda buat sekaligus menunjukkan bahwa Anda mengikuti perkembangan teknologi dan memiliki kemampuan berkaitan dengan komputer dan internet.

Nah bila Anda tertarik untuk membuat web portfolio, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan berkaitan dengan pengisian web porfolio dan promosi web portfolio tersebut.

  1. Halaman “About Me”

Gunakan halaman ini untuk mempromosikan diri Anda. Masukkan deskripsi singkat mengenai diri Anda, kemampuan Anda, penawaran jasa Anda dan informasi lengkap untuk menghubungi Anda mulai dari alamat studio tempat bekerja, alamat email, dan juga nomor telepon. Deskripsi singkat ini kurang lebih terdiri dari 50 kata atau kurang dari 50 kata. Semakin singkat dan semakin jelas deskripsi mengenai diri Anda, maka deskripsi tersebut semakin bagus. Tak harus menggunakan bahasa yang resmi, Anda bisa membuat deskripsi dengan menggunakan pilihan bahasa yang ringan namun menarik.

  1. Navigasi halaman

Pada portfolio cetak, pengamat portfolio cukup membalik-balikkan halaman untuk melihat foto-foto yang ditampilkan. Tentunya hal tersebut tidak bisa dilakukan pada web portfolio. Untuk itu navigasi halaman sangat penting dalam sebuah web portfolio sebab melalui navigasi inilah pengamat portfolio dapat mengamati seluruh foto yang ditampilkan. Navigasi pada web portfolio haruslah jelas dan mudah ditemukan sehingga tak menjadi penghambat bagi pengamat web portfolio.

  1. Logo

Logo adalah salah satu elemen yang bisa Anda gunakan untuk menarik perhatian pengunjung web portfolio. Bentuk logo bisa berupa nama Anda atau inisial nama Anda sehingga sekaligus menjadi cara untuk mempromosikan diri. Logo bisa Anda tempatkan di posisi yang strategis, misalnya di kiri atas web portfolio agar pengunjung cepat mengenali Anda.

  1. Tagline

Tagline merupakan cara tercepat untuk memberitahukan siapa diri Anda. Pengunjung pun dapat dengan cepat melihat, memahami dan mengingatnya. Tagline ini berbentuk kalimat pendek yang sangat jelas merangkum mengenai diri Anda. Anda bisa membuatnya dalam sebuah kalimat yang jenaka tapi lugas menunjukkan diri Anda.

  1. Promosi di social media

Setelah web portfolio selesai dibuat, Anda tak bisa tinggal diam. Anda harus mempromosikan web portfolio tersebut. Salah satu cara mempromosikan webportfolio adalah melalui social media seperti Facebook atau Twitter.